Sabtu, 26 September 2020

Kata Baku

 Menentukan Kata-Kata Baku pada Teks Eksplanasi

       Teks eksplanasi berisi informasi tentang fenomena sekitar kita. Teks eksplanasi disusun menggunakan kalimat efektif. Dalam kalimat efektif terdapat kata-kata baku yang disusun secara sistematis. Kosakata baku merupakan kata yang sesuai dengan pedoman ejaan yang ada. Kata-kata baku digunakan dalam acara resmi, seperti upacara, rapat, dan diskusi ilmiah. Perhatikan contoh kata baku dan kata tidak baku berikut.

Kata Baku><Kata Tidak Baku

Transportasi><Tranportasi
Teknologi><Tehnologi
Energi><Enerji
Hipotesis><Hipotesa
Kamera><Camera

Identifikasilah kata-kata tidak baku pada teks berikut! Setelah itu, tulislah kembali dan lingkarilah kosakata tidak baku tersebut dan perbaikilah menjadi kosakata baku!

  1. Sebelum bolpoin ditemukan, dulu manusia menggunakan pena dan tinta secara terpisah. Pena yang digunakan pun beragam, ada yang dari bulu angsa, batang alang-alang, ataupun kuas.
  2. Blaise Pascal menciptakan alat yang mampu mengitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian secara cepat yang diberi nama pascaline.
  3. Cai Lun mendapatkan sebuah ide mengenai kertas ketika dia sudah bosan dengan metode menulis yang jadul, yaitu menulis di bambu atau di selembar sutera. Salah satu penemuan yang membawa perubahan cukup besar bagi kehidupan manusia yaitu penemuan listrik. Listrik dapat membantu manusia dalam melakukan aktifitas dan memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
  4. Thomas Alfa Edison adalah seorang penemu besar dunia dari amerika serikat. Berkat jasanya, kini orang-orang di seluruh dunia dapat menikmati bohlam dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar