Sabtu, 26 September 2020

Peran Teknologi bagi Masyarakat

 Peran Teknologi dalam Perubahan Masyarakat di Bidang Ekonomi

        Tekonologi mempunyai peran penting dalam perubahan masyarakat. Kemajuan teknologi membawa perubahan pada berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah perubahan dalam bidang ekonomi. Saat ini, kegiatan ekonomi, yaitu produksi dan distribusi, sudah menggunakan teknologi yang maju. Penggunaan teknologi memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dengan cepat. Peran teknologi dalam perubahan masyarakat adalah sebagai berikut.

1. Peran Teknologi dalam Kegiatan Produksi

        Sebelum adanya teknologi, masyarakat melakukan kegiatan produksi secara tradisional. Petani memanfaatkan tenaga kerbau atau menggunakan cangkul untuk membajak sawah. Setelah panen, padi ditumbuk menggunakan alu dan lesung. Kegiatan ini membutuhkan tenaga lebih besar dan waktu lebih lama sehingga pemenuhan kebutuhan memerlukan waktu lama.
          Saat ini, sebagian besar petani sudah menggunakan teknologi dalam bertani. Petani menggunakan traktor untuk menggarap sawah. Mereka juga menggunakan mesin penggilingan untuk mengolah padi menjadi beras. Teknologi tersebut memudahkan kegiatan produksi padi. Pekerjaan petani pun menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Teknologi mengubah cara yang selama ini dilakukan oleh para petani. Sebelum adanya teknologi, petani bekerja sama untuk membajak sawah. Masa panen diputuskan melalui musyawarah. Semenjak ada teknologi, budaya kerja sama dan musyawarah mulai hilang. Petani dapat membajak sawah sendiri menggunkan traktor.

2. Peran Teknologi dalam Kegiatan Distribusi

        Kemajuan teknologi juga berperan besar dalam kegiatan distribusi atau penyebaran hasil produksi. Salah satunya adalah berkat kemajuan teknologi transportasi. Kegiatan produksi seperti pertanian dan industri biasanya berada di luar perkotaan. Hasil produksi pun seringkali hanya dapat dinikmati oleh warga sekitarnya. Warga di wilayah lain membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menikmati hasil produksi tersebut. Hal ini disebabkan pengangkutan hasil produksi masih terbatas hanya menggunakan alat transportasi sederhana seperti pedati, becak, atau sepeda. Keadaan ini menyebabkan barang menjadi langka. Kebutuhan masyarakat tidak semuanya dapat terpenuhi.
        Setelah sarana transportasi berkembang pesat, para produsen dapat menyalurkan hasil produksi ke berbagai wilayah. Mereka memanfaatkan kemajuan sarana transportasi seperti mobil bak terbuka untuk mengangkut hasil produksi seperti sayur, buah, padi, dan jagung. Hasil produksi tersebut disalurkan ke pasar-pasar sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Selain kebutuhan warga dalam negeri, kemajuan sarana transportasi juga berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat luar negeri. Hasil produksi dalam jumlah besar didistribusikan ke luar negeri menggunakan kapal. Kapal besar dapat mengangkut barang seberat ratusan ton serta menempuh jarak yang jauh. Kemudahan proses distribusi membuat masyarakat dapat memperoleh kebutuhan dengan mudah. Akibatnya, perilaku konsumtif pun meningkat.

Kerjakan soal-soal berikut!

  1. Bagaimana kegiatan produksi masyarakat sebelum adanya kemajuan teknologi?
  2. Perubahan apa yang terjadi setelah petani menggunakan teknologi dalam bertani? Jelaskan dengan contoh!
  3. Pak Budi memiliki usaha kerajinan mebel rotan. Ia menjual kerajinan tersebut ke luar negeri agar memperoleh keuntungan yang besar. Menurutmu, sarana transportasi apakah yang dapat digunakan oleh Pak Budi untuk menyalurkan hasil produksinya? Mengapa demikian?
  4. Diskusikan dengan temanmu tentang dampak kemajuan transportasi! Tuliskan hasil diskusimu di kertas tugas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar