Sabtu, 26 September 2020

Melaksanakan Hak

 Melaksanakan Hak dengan Tanggung Jawab

        Selain di rumah, sekolah, dan masyarakat, kita juga memiliki kewajiban di lingkungan sekitar. Kita harus melakukan kewajiban di jalan dengan penuh rasa tanggung jawab agar hak diri sendiri dan orang lain tidak dirugikan. Berikut ini contoh perbuatan yang mengganggu hak diri sendiri dan orang lain jika tidak melaksanakan kewajiban di lingkungan sekitar.
  1. Mengendarai sepeda dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan kecelakaan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. Hak yang terganggu dalam kejadian ini adalah hak keselamatan di jalan. Oleh karena itu, kewajiban kita adalah berkendara dengan kecepatan yang sesuai.
  2. Memakai perhiasan mewah di jalan dapat memancing tindak kejahatan yang dapat mengancam jiwa kita. Hak yang terganggu dalam kejadian ini adalah hak keamanan di jalan. Oleh karena itu, tidak memakai perhiasan mewah saat di jalan adalah kewajiban kita.

Kerjakan soal-soal berikut!

  1. Tuliskan dua contoh penerapan masing-masing hak dan kewajiban yang bertanggung jawab di lingkungan sekitar!
  2. Siapa yang dirugikan saat kita tidak melaksanakan hak dan kewajiban dengan bertanggung jawab?
  3. Ceritakan pengalamanmu saat melaksanakan hak dan kewajibanmu yang bertanggung jawab di lingkungan sekitar. Ceritakan juga akibat yang mungkin terjadi jika kamu tidak melakukan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar