Minggu, 04 Oktober 2020

Posisi dan Peran Indonesia di ASEAN

 Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ekonomi dalam Lingkup ASEAN

        Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia memerlukan orang lain untuk hidup bermasyarakat. Selain itu, tidak setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat mencukupi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antarmanusia agar terpenuhi kebutuhannya. Sebagai contoh, kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi.

Pelabuhan sebagai tempat kegiatan ekonomi ekspor dan impor

        Kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN, antara lain melakukan promosi-promosi dalam bidang pariwisata dan perdagangan, menyediakan cadangan pangan, menyelenggarakan proyek industri, dan membuat kawasan perdagangan bebas (ASEAN Free Trade Area (AFTA)). AFTA merupakan bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi. Kerja sama tersebut berupa pengelolaan produk-produk lokal yang ada di negara-negara ASEAN. Peran Indonesia dalam kerja sama memberikan manfaat bagi Indonesia maupun negara-negara lain di ASEAN. Bagi Indonesia, kerja sama tersebut dapat meningkatkan pendapatan negara dan mengurangi pengangguran.

Ayo berlatih!

Bacalah teks berikut dengan cermat! Setelah itu, jawablah pertanyaannya!

Pempek Palembang Serbu Pasar ASEAN

        Pempek merupakan makanan khas Palembang, Sumatera Selatan yang sudah menembus pasar negara-negara ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Thailand dengan volume mencapai delapan ton per bulan. "Ekspor makanan khas yang bahan bakunya dari tepung terigu dicampur dengan ikan air tawar yang dihaluskan sebagai upaya mempromosikan kuliner khas daerah ke dunia," kata Kepala Kantor Pos Palembang, Rodi Hermawan, dalam pertemuan mitra pelaku industri ekonomi kreatif.
        Rodi menjelaskan ekspor makanan tersebut biasa dikirim melalui layanan jasa Kantor Pos Indonesia ke negara-negara di kawasan ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand. Menurut Rodi Hermawan, pengiriman pempek ke sejumlah negara ASEAN tersebut dilakukan oleh PT Pos Indonesia cabang Palembang yang bekerja sama dengan 19 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKKM).
        Sejak dimulai layanan pengiriman tersebut pada tahun 2013, banyak respon positif yang diterima oleh PT Pos Indonesia cabang Palembang dari sejumlah konsumen negara kawasan ASEAN. Menurut Rodi, sekarang ini pempek makanan khas sudah menjadi salah satu dari 17 jenis komoditas andalan ekspor nonmigas Sumatera Selatan.
Sumber: https://www.antaranews.com/berita/482547/pempek-palembang-serbu-pasar-asean,
diakses pada tanggal 4 Juni 2018, dengan penyesuaian.

Bagaimana pengaruh pempek sebagai makanan khas Sumatera Selatan dalam bidang ekonomi? Buatlah simpulan mengenai hal tersebut pada kolom berikut!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Keterampilan Kinerja Praktik.

Menyajikan Laporan tentang Peran Indonesia dalam Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi

1. Bentuklah kelompok dengan teman sebelahmu.
2. Carilah informasi mengenai peran Indonesia dalam kerja sama ekonomi di ASEAN. Kamu dapat 
    mencari informasi tersebut di buku, majalah, koran, atau internet.
3. Diskusikan hal-hal berikut.
    a. Apa bentuk kerja sama ekonomi antara Indonesia dan negara-negara di ASEAN?
    b. Apa tujuan dibentuknya kerja sama tersebut?
    c. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?
    d. Apakah kerja sama tersebut menguntungkan Indonesia? Jelaskan dengan contoh!
    e. Sebagai warga negara, apakah kamu sudah merasakan manfaat dari kerja sama tersebut! Mengapa 
        demikian?
4. Tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk diagram pada kertas tugas.
5. Carilah juga gambar yang sesuai dengan informasi yang kamu tulis. Gunting lalu tempelkan pada 
    bagian bawah informasi tersebut. Ingat, berhati-hati saat menggunakan gunting.
6. Kumpulkan hasilnya untuk dinilai oleh gurumu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar