Rabu, 23 September 2020

Pendalaman Materi Kelas 6 Tema 3 Sub 2 Pembelajaran 5

 Pengaruh Komputer dalam Bidang Pendidikan

        Komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data, serta memutar film dan musik. Selain itu, komputer juga dapat menjadi alat komunikasi melalui surat elektronik dan media sosial.
        Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage. Penemuan Babbage tersebut menjadi cikal bakal kemajuan komputer saat ini. Babbage menemukan mesin penghitung yang menjadi salah satu penemuan paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer, yaitu kalkulator otomatis. Penemuan Babbage membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat hingga ia dijuluki sebagai Bapak Komputer. Contoh perubahan tersebut, yaitu masyarakat lebih mudah saling mengirim melalui surat elektronik (surel) atau email. Surel dikirim melalui jaringan internet yang terpasang pada komputer. Pada masa kini, kegiatan jual beli juga dapat dilakukan melalui komputer. Masyarakat dapat membeli barang yang ingin dibeli tanpa harus datang langsung ke pasar. Kegunaan lain komputer adalah dapat menyimpan data dalam jumlah besar. Data tersebut dapat berbentuk dokumen, foto, audio, dan video.
        Komputer juga membawa perubahan dalam bidang pendidikan. Dahulu, pengetahuan hanya dapat diperoleh melalui kegiatan belajar di kelas dengan sarana terbatas. Siswa hanya memperoleh ilmu pengetahuan dari buku, media massa, radio, dan televisi. Namun, adanya laboratorium komputer dengan jaringan internet yang memadai. Adanya komputer di sekolah membantu siswa mencari dan memperdalam pengetahuannya melalui komputer. Keberadaan komputer dan internet telah memudahkan dan menunjang pembelajaran di sekolah. Kemajuan teknologi dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

Kerjakan soal-soal berikut!

  1. Perubahan apa yang dibawa oleh Charles Babbage?
  2. Apakah kamu juga mengalami perubahan yang disebabkan oleh penemuan Charles Babbage? Ceritakan pengalamanmu!
  3. Bagaimana pengaruh komputer terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah? Jelaskan!
  4. Andaikan tahun ini pemerintah menyelenggarakan Ujian Nasional menggunakan komputer. Kamu akan mengikuti Ujian Nasional tersebut. Apa rencanamu untuk menghadapi perubahan tersebut?
  5. Tuliskan lima contoh dampak positif dan negatif penggunaan komputer dalam bidang pendidikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar