Minggu, 04 Oktober 2020

REKLAME

 Macam-Macam Reklame

        Masih ingatkah kamu apa itu reklame? Reklame adalah suatu cara untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk tertentu kepada orang banyak. Reklame dibuat untuk menarik perhatian orang agar membaca atau membeli produk yang ditawarkan. Ada berbagai media yang digunakan untuk melakukan kegiatan reklame. Media tersebut, antara lain media audio, media visual, dan media audiovisual. Setelah mempelajari ciri-ciri reklame pada tema sebelumnya, kali ini kita akan membahas macam-macam reklame secara visual. Rinciannya adalah sebagai berikut.
Iklan pada media cetak adalah pemberitahuan kepada banyak orang tentang barang atau jasa yang akan dijual. Contohnya, iklan pada surat kabar yang bentuknya berupa tulisan dan gambar yang mencolok.
Spanduk adalah salah satu cara promosi yang menggunakan kain sebagai medianya. Spanduk biasanya berisi ajakan, slogan, atau berita yang perlu diketahui oleh umum. Spanduk biasanya dipasang di jalan raya atau digunakan saat acara-acara tertentu.
Poster adalah selembaran kertas yang berisi tulisan dan gambar, biasanya ditempel di tempat umum.
Brosur berbentuk selembaran kertas. Biasanya brosur dibagikan di tempat umum. Brosur berisi informasi yang ditujukan kepada masyarakat.
Embalase merupakan informasi yang biasanya terletak pada kemasan sebuah produk. Informasi-informasi tersebut memuat detail tentang produk tersebut. Informasi berfungsi sebagai daya tarik dan pemberitahuan tentang produk tersebut.
Baliho adalah jenis reklame yang berukuran besar. Ukuran baliho biasanya lebih besar dari spanduk sehingga ditempatkan di tempat umum menggunakan tiang sebagai penyangga.
Banner sering ditemui di depan pertokoan. Banner merupakan media promosi yang dicetak dan diletakkan menggunakan besi sebagai penyangganya.
Leaflet berbentuk lembaran yang dilipat menjadi tiga atau empat bagian. Leaflet digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau memberikan informasi tertentu kepada masyarakat.

Membuat Brosur tentang Usaha di Lingkungan Sekitar

Siapkan: Kertas A5, alat tulis, pewarna (pensil warna, krayon, cat air, atau spidol warna), dan gunting.
Langkah Kegiatan:
1. Buatlah kelompok dengan 4-5 temanmu.
2. Buatlah rancangan brosur tentang usaha di sekitar, seperti toko roti.
3. Tentukan ide atau gagasan yang tepat untuk brosur.
4. Isi brosur dapat berupa:
    a. Membuat deskripsi usaha yang akan dipromosikan, seperti detail produk.
    b. Gambar untuk melengkapi brosur dapat diperoleh melalui majalah, koran, internet, atau membuat 
        ilustrasi kreasi sendiri.
    c. Kalimat ajakan untuk mempromosikan usaha yang dibuat.
    d. Uraian singkat tentang usaha yang dibuat.
5. Hiaslah brosur dengan gambar dan penggunaan warna yang menarik.
6. Kerjakan brosur dalam waktu 3 hari.
7. Setelah selesai, kumpulkan ke gurumu untuk mendapatkan penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar